Monday 28 January 2013

Mengenal Sejarah Sistem Operasi


Ilmu Yang Bermanfaat - Kali ini saya akan membahas tentang sejarah sistem operasi. Mungkin semua orang pasti sudah tahu apa itu sistem operasi, tapi mungkin masih ada orang yang belum tahu apa dang bagai mana sejarah sistem operasi. Maka dari itu postingan Ilmu Yang bermanfaat kali ini akan membahas tentang sejarah sistem operasi.  Langsung saja ,secara garis besar perkembangan sistem operasi dapat dibagi menjadi 4 tahapan / generasi, yaitu:

Generasi Pertama (1945 - 1955)
Tahun 1945 merupakan awal-awal diciptakannya komputer sehingga dikenal dengan sebutan generasi pertama. Saat itu merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instrksi yang harus di kerjakan secara langsung.

Generasi Kedua (1955 - 1965)
Memasuki tahun 1955-an sudah mengalami banyak peruabahan yang sangat pesat walaupun belum dilengkapi dengan SO. Generasi kedua memperkenalkan Bacth Processing Sytem, yaitu job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasiialah FMS dan IBSYS.

Generasi Ketiga (1965 -1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka siste operasi menjadi multi-user (digunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi programing (melayani banyak program sekaligus).

Generasi keempat (Pasca 1980-an)
Pada generasi ini sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lain akan jauh lebih menguntungkan dibanding dengan yang sendiri-sendiri.


EmoticonEmoticon